Hutan Pinus Mangunan Menjadi Spot Baru Wisata Di Jogja Yang Hits

Advertisement

Serbuhotel.com - Untuk kalian yang ingin berpetualang ke hutan bersama keluarga atau teman, silahkan datang ke Hutan Pinus Mangunan Jogja. Hutan ini telah menjadi objek wisata baru di Jogja dengan konsep wisata konservasi alam. Lokasi ini didominasi oleh pohon pinus. Dan kalian pasti tahu apa yang terjadi dengan hutan yang banyak pohon pinusnya. Hawanya akan terasa sejuk dan pemandangannya terlihat indah mempesona.

Belakangan ini, Hutan Pinus Mangunan menjadi hits di kalangan penggemar wisata alam. Tempat ini selalu ramai dikunjungi, apalagi saat weekend datang atau hari libur datang. Pengunjung yang datang rata-rata anak muda dan keluarga.

Spot menarik dan terawat sudah dipersiapkan di lokasi ini. Siap digunakan untuk eksplorasi foto bersama orang terdekat. Semua spot dibuat dengan bahan alam dan terlihat alami sekali.
Hutan Pinus Mangunan Menjadi Spot Baru Wisata Di Jogja Yang Hits
Source image : traveling.maslatip.com

Hutan Pinus Mangunan Menjadi Spot Baru Wisata Di Jogja Yang Hits

Hutan Pinus Mangunan yang terkenal ini berada di Desa Mangunan Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Nama hutan ini disesuaikan dengan daerah dimana hutan ini berada, yaitu Desa Mangunan.

Hutan pinus terkenal dengan kesejukan udara disekitarnya. Dan seperti itulah keadaan di Hutan Pinus Mangunan, segar dan sejuk. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pohon pinus yang tumbuh subur dan sudah tinggi.

Sebagai salah satu destinasi wisata baru di Jogja, Hutan Pinus Mangunan sangat rekomended untuk semua kalangan. Karena spot-spot yang tersedia di objek wisata ini ramah untuk semua umur, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Spot Menarik Di Hutan Pinus Mangunan

Objek wisata Hutan Pinus Mangunan memiliki beberapa spot unggulan yang telah dibuat. Spot-spot ini ramai dijadikan target tempat berfoto. Dan hasil foto-fotonya yang sering kita lihat di beberapa akun instagram teman kita, menghipnotis kita untuk segera datang kesana.

Berikut ini adalah nama-nama spot yang sudah ada di Hutan Pinus Mangunan.
  1. Spot bangunan pendopo atau gubug dari kayu yang eksotis, apalagi kalau kabut datang, tempat ini terlihat sangat eksotis dan instagramabel.
  2. Spot camping and hammock, hammock yang disusun berundak ke atas dengan diikat pada dua pohon pinus membuatnya menarik perhatian dan penasaran ingin mencoba menaikinya.
  3. Spot arena pertunjukan. Seperti berada di negeri dongeng dengan keberadaan panggung pertujukan dan bangku-bangku penonton yang semua terbuat dari kayu. bahkan bangkunya terbuat dari kayu utuh yang dibelah dua.
  4. Spot taman bunga. Disini kalian dapat melihat pemandangan berbagai macam bunga yang tumbuh subur dan bermekaran. Spot foto juga tersedia dibeberapa titik yang ditentukan, agar tidak merusak bunga.
  5. Spot lebatnya pohon pinus. Ini adalah spot untuk kalian yang ingin eksperimen dengan teknik foto grafi. Kelebatan pohon pinus sangat cocok untuk pengambilan gambar dengan angle dari bawah.
  6. Spot gardu pandang / rumah pohon. Ini spot yang cocok untuk kalian yang hobi melihat pemandangan sekitar dari ketinggian. Ada sebuah gardu pandang yang cukup tinggi dibangun di atas beberapa pohon pinus yang menjulang.
  7. Spot Taman Hutan. Spot ini sangat cocok untuk dinikmati ketika melihat matahari terbit, sinarnya akan menembus sela-sela barisan pohon yang menambah daya eksotisme suasana.


Itulah beberapa spot menarik yang tersedia di objek wisata Hutan Pinus Mangunan. Tempat ini terus mengalami pengembangan dan beberapa spot baru yang menarik juga akan hadir.

Rute Menuju Hutan Pinus Mangunan

Untuk menuju tempat wisata hits di Jogja ini tidaklah sulit. Tempatnya mudah ditemukan dan akses jalannya juga lumayan bagus. Hanya saja kalian harus menggunakan kendaraan pribadi, karena akses dengan kendaraan umum sepertinya belum ada.

Jarak lokasi dari pusat kota Jogja kurang lebih 24 KM. Jarak yang cukup dengan dengan perjalanan kurang 1 jam saja.

Rute yang dapat kalian tempuh adalah sebagai berikut:
  1. Berjalan dari Kota Yogyakarta menuju jalan Jalan Imogiri Timur.
  2. Menyusuri Jalan Imogiri Timur menuju kota Imogiri sampai ke sebuah pertigaan arah Makan Raja-Raja.
  3. Di pertigaan tersebut, arah ke kiri menuju ke Makam Raja-Raja, dan arah ke kanan menuju Desa Mangunan. Kalian ambil arah ke kanan untuk menuju Hutan Pinus Mangunan.
  4. Menyusuri jalan ke Mangunan sampai menemui sebuah percabangan jalan. Di percabangan tersebut ada plang jalannya, satu arah menuju ke Kebun Buah Mangunan dan satu arah lainnya menuju Hutan Pinus Mangunan. Kalian ambil arah menuju ke Hutan Pinus Mangunan.
  5. Lanjutkan terus perjalanan sampai kalian menemui pos penjagaan Hutan Pinus Mangunan, dan kalian sudah sampai di tempat tujuan.

Rute tersebut bisa berbeda alurnya jika kalian berasal dari beberapa daerah lainnya. Silahkan menggunakan Google Maps untuk membantu kalian menapaki rute menuju Hutan Pinus Mangunan. Lokasinya sudah ditambahkan ke Google Maps.

Biaya Masuk Hutan Pinus Mangunan

Sampai saat ini (bulan Juni 2018), informasi yang berhasil didapatkan terkait biaya masuk sebesar Rp2.500 per orang. Kemudian biaya parkir motor Rp3.000, parkir mobil Rp10.000 dan parkir bus besar Rp20.000.

Pengunjung juga bebas menggunakan berbagai jenis kamera untuk mengambil gambar event-event menarik dengan orang tersayang. 

Hanya saja untuk pengunjung khusus ada perbedaan, seperti keperluan shooting dan foto pre-wedding. Perlu ijin khusus ke pengelola dan aparat setempat. Dan untuk biaya juga ada sendiri aturannya sesuai kesepakatan pengelola dan pemohon.

Jam Buka dan Tips Berkunjung Ke Hutan Pinus Mangunan

Secara umum kalian bebas mau berkunjung kapan saja. Karena Hutan Pinus Mangunan ini buka setiap hari mulai jam 06:00 WIB sampai dengan 17:30 WIB. Hanya saja perlu diperkirakan soal tingkat keramaian lokasi, karena yang ingin berkunjung bukan kalian saja.

Berikut ini kami berikan tips berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan, agar kalian dapat menikmati keindahan objek wisata di Jogja ini tanpa hiruk pikuk pengunjung yang terlalu ramai.
  1. Berkunjunglah saat weekdays dan hindari berkunjung saat weekend. Kalian pasti sudah pada tahu kalau tempat ini saat ini sangat hits dan banyak orang yang ingin mengunjunginya. Dan mayoritas mereka akan berkunjung pasti memilih weekend, karena libur kerja. Nah, untuk kalian yang memang memiliki waktu luang selain weekend sangat disarakan untuk berkenjung kesini di hari biasa (weekdays). Kami yakin kalian akan sangat menikmati tempat ini.
  2. Waktu paling bagus untuk berada disini adalah jam 06:00 WIB s.d. 10:00 WIB dan 15:00 WIB s.d. 17:30 WIB. Pada jam sekian ini keadaan suhu masih adem dan cuaca juga bersahabat. Dan tidak jarang di jam-jam tersebut sering hadir kabut yang ditunggu-tunggu oleh pengunjung.
  3. Menggunakan kendaraan pribadi dengan keadaan bagus. Hal ini terkait dengan medan tanjakan yang cukup terjal. Kendaraan harus dipersiapkan dengan baik agar tidak terjadi masalah. Selain itu tidak ada kendaraan umum untuk menuju lokasi ini.
  4. Bawa kamera dengan kualitas bagus dan cadangan baterainya. Ini yang perlu kalian persiapkan agar momen saat kalian berada disini dapat diabadikan dengan bagus dan tak terlewatkan.
  5. Tetap menjaga kelestarian hutan pinus dan tidak membuang sampah sembarangan.

Tips tersebut kami rasa sangat perlu kalian lakukan dan ketahui, agar liburan kalian di Hutan Pinus Mangunan terasa menyenangkan dan tidak meninggalkan kekecewaan.

Fasilitas Di Hutan Pinus Mangunan

Selayaknya objek wisata lainnya, Hutan Pinus Mangunan juga memiliki beberapa fasilitas umum dan khusus yang dapat dinikmati oleh pengunjung selama berlibur. Fasilitas tersebut ada yang berbayar dan ada yang gratis. Berikut daftar fasilitas yang sudah ada di Hutan Pinus Mangunan.
  1. Spot-spot menarik untuk berfoto.
  2. Area outbound.
  3. Gardu pandang.
  4. Mushola.
  5. Toilet.
  6. Area parkir.
  7. dll.

Fasilitas dan spot masih terus ditambah dan dalam pengembangan.

Itu tadi beberapa informasi penting tentang objek wisata Hutan Pinus Mangunan yang sangat hits saat ini sebagai salah satu objek bisa baru di Jogja. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
3. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
4. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon